Citra SBY Belum Rusak Akibat Jatuhnya Pasar Saham

jakarta – Untuk sementara, jatuhnya pasar saham belum berdampak pada citra Presiden SBY. Kinerja pemerintah pun masih dibilang cukup responsif.

“Belumlah berpengaruh pada citra SBY. Sementara ini, publik menilai pemerintah cukup responsif. Rapat pada hari Minggu, rapat terbatas. Nggak diam saja dan bergerak. Pemerintah tidak tidur,” kata pengamat politik M Qodari kepada detikcom, Kamis (9/10/2008).

Menurut dia, krisis akan berdampak pada citra SBY tergantung pada seberapa parah dampak krisis global di AS akan mempengaruhi kinerja ekonomi Indonesia di sektor riil.

“Sekarang kan baru krisis moneter, masih elit. Yang merasa dampak lapisan terbatas. Tetapi jika sudah berdampak pada kenaikan harga sembako, daya beli menurun, pengangguran meluas mungkin bisa menjatuhkan citra SBY,” ujarnya.

Selain itu, kata Qodari, tergantung pada persepsi masyarakat mengenai sumber krisis tersebut.

“Misalnya, kenaikan harga BBM yang lalu. Itu kan sebetulnya karena harga minyak dunia yang naik. Tetapi tidak bisa dimengerti masyarakat sehingga mereka justru menyalahkan pemerintah,” kata dia.

Untuk itu, Qodari meminta pemerintah sigap meredam antisipasi dampak krisis AS.

Caleg

Dalam kesempatan itu, Qodari pun meminta politisi yang akan maju di pemilu 2009 sebaiknya tidak instan mengingat kondisi krisis saat ini.

“Politisi nggak boleh instan, harus menyicil kerjaannya sehingga hemat biaya kampanye saat krisis ini. Pemilih itu harus disapa secara personal, bertemu langsung sehingga membangun kekuatan sosial. Kalau ada yang jor-joran kemungkinan instan, istilahnya mendadak caleg dan memakan biaya kampanye yang mahal,” papar dia

dikutik dari detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: