transper pemian

TRANSPER PEMIAN PALING BAIK 20


20. Mirko Vucinic
(Roma/Lecce ke Roma)
Pekan Lalu: 19

Il Giallorossi akhirnya mengamankan pemain Montenegro ini, dengan membeli paruh kedua kontraknya dari Lecce sebesar €12 juta. Apakah nilainya mencapai €24 juta saat ini? Mungkin tidak. Tapi, ia terus menunjukkan peningkatan tajam selama 12 bulan terakhir.

19. Martín Cáceres (Villarreal ke Barcelona)
Pekan Lalu: 18

Pemain Uruguay berusia 20 tahun ini disebut-sebut sebagai salah satu bek muda terbaik di La Liga, dan Barcelona tidak membuang waktunya untuk menggaet pemain ini dari Villarreal. Meskipun dengan bandrol mahal €16 juta, tentunya Cáceres adalah pengganti tepat buat Carles Puyol yang sepuluh tahun lebih tua.

18. Tomáš Ujfaluši (Fiorentina ke Atlético Madrid)
Pekan Lalu: 17

Akhirnya, Atletico memastikan bek baru tangguh. Bahkan, dengan harga gratis! Musim lalu, karena kurang serius, mereka gagal mendatangkan pemain anyar berkualitas. Tenaga baru seperti Ujfaluši akan sangat bermanfaat buat Atletico yang kembali ke Liga Champions setelah absen selama satu dasawarsa lebih.

17. Giovani Dos Santos (Barcelona ke Tottenham)
Pekan Lalu: 16

Manajer Juande Ramos melakukan pembelian cerdas selama bursa transfer ini. Barcelona memang sengaja melepas Santos dengan harga murah. Tingkahnya yang emosional selama 18 bulan membuat pemain berusia 17 tahun Bojan Krkić lebih terpilih di line-up Barca. Fans Spurs tentunya berharap gelandang menyerang ini tidak banyak berulah lagi.

16. Hatem Ben Arfa (Lyon ke Marseille)
Pekan Lalu: 15

Marseille kehilangan Samir Nasri ke Arsenal, tapi menemukan pengganti yang tepat. Padahal, Arsene Wenger sebelumnya juga mengincar Ben Arfa. Marseille bisa mempertahankan gelandang ini selama satu atau dua tahun lagi, untuk meraih keuntungan €8-10 juta.

15. Alberto Gilardino (Milan ke Fiorentina)
Pekan Lalu: 14

Sepertinya, La Viola mendapatkan striker yang kurang bahagia dan tampil di bawah kemampuan sesungguhnya. Tapi, Adrian Mutu juga dalam kondisi serupa ketika pindah dari Juventus dua tahun silam, kemudian bersinar lagi di Fiorentina. Fans Italia merindukan penampilan yang diperagakan Gilardino ketika masih memperkuat Parma. Duet Mutu-Gila tentunya akan ampuh di Liga Champions.

14. Seydou Keita (Sevilla ke Barcelona)
Pekan Lalu: 13

Bersama Yaya Touré di lini tengah, Andres Iniesta serta Lionel Messi akan lebih leluasa menyerang dengan kehadiran pemain Mali ini. Bandrol €15 juta merupakan harga yang sangat pantas untuk pemain yang sedang prima.

13. Ezequiel Garay (Racing Santander ke Real Madrid)
Pekan Lalu: 12

Barcelona seolah-olah berhasil memboyong Garay, tapi waktu terus berjalan ketika Frank Rijkaard di ambang pemecatan dan masuknya pelatih baru. Madrid berhasil menyalip Barca untuk tanda tangan Sergio Ramos beberapa tahun lalu, sebuah transfer spektakuler! Transfer Garay ini tidak akan beda.

12. Deco (Barcelona ke Chelsea)
Pekan Lalu: 11

Meskipun sudah menginjak usia 30 tahun, penampilannya selama Euro 2008 menunjukkan Deco masih dalam kondisi terbaiknya. Dia memang bukan seorang Frank Lampard yang mampu mencetak gol banyak, tapi dia juga memiliki kualitas yang justru tidak dikuasai Lampard. Kreatifitas tinggi, ketajaman di lini tengah, dan keahlian menggiring bola cukup menjadi bukti kenapa Deco memenangkan dua titel Liga Champions bersama dua klub yang berbeda – FC Porto dan Barcelona. Akhirnya, The Blues merebut pemain yang bisa bermain sepakbola indah sebagaimana yang diinginkan pemiliknya. Bersama Ballack dan Essien, lini tengah Chelsea semakin ampuh.

11. Amantino Mancini (AS Roma ke Inter Milan)
Pekan Lalu: 10

Jose Mourinho bukan pelatih terbaik dalam menerapkan sexy football. Tapi dia menyukai seorang winger yang cepat dan agresif di salah satu sisi lapangan. Mancini memiliki kemampuan itu, dan dia bisa bermain lincah sebagaimana yang ditunjukkan Arjen Robben di Chelsea beberapa tahun silam. Sayangnya, Mancini angin-anginan, seperti yang terlihat di Roma musim lalu. Kurangnya konsistensi yang dibutuhkan The Special One akan membuat Mancini lebih fokus untuk meningkatkan ketajamannya.

10. David Bentley (Blackburn ke Tottenham)
Pekan Lalu: 9

Spurs keluar sebagai pemenang lomba merebut pemain sayap Blackburn ini yang tumbuh dalam skuad muda Arsenal. Juande Ramos akan sukses membina Bentley ke level yang lebih tinggi. Pemain timnas Inggris ini menyuntik semangat baru ke lini tengah Spurs, yang dilengkapi daya serang Giovani Dos Santos dan Luka Modric.

9. Robbie Keane (Tottenham ke Liverpool)
Pekan Lalu: 8

Striker berkualitas tinggi yang mampu mencetak 15-20 gol per musim ditambah 25-30 yang dapat dihasilkan Fernando Torres. Sayangnya, The Reds merogoh kocek tinggi, £20,3 juta. Padahal mereka justru dapat menghemat untuk pembelian pemain lainnya. Tapi yang jelas, kehadiran Keane akan menambah jumlah gol Liverpool musim ini.

8. Amauri (Palermo ke Juventus)
Pekan Lalu: 7

Striker Brasil-Italia ini sudah dari dulu pantas masuk klub papan atas. Amauri sudah menunjukkan tajinya bersama Palermo, dan prospeknya mendapatkan servis berkualitas dari lini tengah Juve akan membuat kewalahan pertahanan lawan. Waspadai Juventus di Liga Champions kali ini!

7. Daniel Alves (Sevilla ke Barcelona)
Pekan Lalu: 6

Chelsea, Real Madrid, Liverpool, Manchester United – inilah semua klub yang membidik Alves selama 18 bulan terakhir. Tapi, mereka kalah bersaing dengan Barcelona yang berhasil menempuh negosiasi panjang dengan Sevilla. Mungkin harga €30 juta terlalu mahal (dia akan masuk nomor satu dalam daftar ini jika harganya 10 juta lebih murah), tapi dia merupakan full-back penyerang terbaik dunia saat ini sejak Roberto Carlos.

6. Samir Nasri (Marseille ke Arsenal)
Pekan Lalu: 5

Pemain timnas Prancis ini merupakan pilihan yang tepat untuk skuad muda The Gunners. Banyak pihak yang memandangnya sebagai pengganti Aliaksandr Hleb, tapi ada juga yang menyebutnya sebagai Zidane baru. Meskipun pernah bermasalah dengan cedera, playmaker ini berpotensi melahirkan petaka besar buat lawan-lawannya.

5. Ronaldinho (Barcelona ke AC Milan)
Pekan Lalu: 4

Sebuah perjudian yang layak diambil oleh Milan. Bandrol Ronaldinho turun sepertiga dari nilai jualnya tahun lalu. Di usia 28, playmaker Brasil ini masih menyimpan segudang potensi. Dengan latihan yang keras dan diet yang cukup, dia akan kembali top selama tiga atau empat musim bersama Rossoneri.

4. Luka Modric (Dinamo Zagreb ke Tottenham)
Pekan Lalu: 3

Pemain muda paling top di Kroasia berhasil digaet Spurs, meskipun klub besar lainnya seperti Barcelona dan Chelsea juga berminat. Lini tengah klub besutan Juande Ramos musim depan bakal ampuh.

3. Aliaksandr Hleb (Arsenal ke Barcelona)
Pekan Lalu: 2

Pembelian yang cerdik oleh Barcelona. Lionel Messi akan tetap memimpin lini tengah tim, tapi mereka tidak perlu Ronaldinho, melainkan gelandang yang bisa menyerang dari segala sisi, tak mengenal lelah dan bisa mendukung lini depan tanpa harus menahan bola terlalu lama atau memonopoli pusat perhatian. Nilai transfer pemain Belarus ini juga rendah.

2. Mathieu Flamini (Arsenal ke Milan)
Pekan Lalu: 1

Pemain Prancis ini merupakan salah satu pemain terbaik Arsenal musim lalu, dan Milan berhasil merekrutnya. Menariknya, Flamini diraih Milan melalui free transfer alias gratis.

1. Rafael van der Vaart (Hamburg ke Real Madrid)
Peserta Baru

Meskipun Barcelona adalah klub kesayangannya sejak kecil, adalah Real Madrid yang berhasil mendapat tandatangannya. Harga €9 juta adalah harga yang fantastis untuk seorang yang disebut sebagai salah satu playmaker terbaik dunia saat ini. Kenapa Hamburg melepasnya dengan harga semurah itu, meskipun bisa naik menjadi 13 juta? Memang tidak masuk akal, padahal bandrol 15-20 juta terasa lebih pantas. Inilah pemain ampuh buat tim besutan Bernd Schuster yang sebenarnya tidak memerlukan Cristiano Ronaldo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: